Selasa, 04 November 2014

DNS SERVER

DNS adalah Domain Name Server,yaitu server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu hostlewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satusama lain dengan mengenali IP Address-nya.Namun bagi manusia tidakmungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghapalkan kata-kata seperti http://nstars.net, www.google.com, atau http://ultramelta.tk/. Jadi ,DNS berfungsi untuk mengkonversi nama yang bisa terbaca olehmanusia ke dalam IP addresshost yang bersangkutan untuk dihubungi.
     Kemudian DNS sever merupakan server yand dapat digunakan untuk memberi layanan pemetaan nama host ke alamat IP dan bahkan sebaliknya dari alamat IP menjadi nama host. Paket DNS server ini cukup dipasang pada salah satu komputer yang berlaku sebagai DNS, sedangkan komputer yang lain berlaku sebagai DNS.
     DNS Server adalah komponen yang berfungsi menerjemahkan nama domain dengan IP address atau sebaliknya. Dengan menggunakan DNS server, anda bisa memberikan alamat web dari web server dengan nama yang baik, contohnya www.um.ac.id bukannya 92.1618.1.1.

Langkah-langkah untuk mengkonfigurasi DNS server adalah sebagai berikut:

1.      Buka aplikasi terminal, lalu masuk sebagai super user dengan mengetikkan perintah sudo su, lalu masukkan password dari pc yang kita gunakan. Setelah itu install apache2 dan bind9. Dengan perintah:

#apt-get install apache2
#apt-get install bind9




2.      Edit file dengan mengetikkan perintah : #pico /etc/bind.named.conf.local
Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:



3.      Copy an edit file db.dns dengan mengetikkan perintah :
 #cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.dns
#pico /etc/bind/db.dns




4.      Editlah tampilan default nya menjadi seperti gambar dibawah ini :




Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa katarina.com adalah nama DNS yang di inginkan(silahkan di ganti dengan nama DNS yang anda inginkan). 6 adalah oktet terakhir ip yang digunakan(ip yang saya gunakan adalah 172.16.30.6)

5.      Jika telah selesai simpan(ctrl+o) dan exit(ctrl+x), kemudian copy dan edit file /etc/bind/db.rvdns dengan mengetikkan perintah berikut ini :
#cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/db.rvdns
#pico /etc/bind/db.rvdns

              



6.      Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :



7.      Kemudian Edit lah tampilan default nya menjadi seperti dibawah ini:



Pada gambar diatas daoat kita lihat bahwa katarina.com adalah nama DNS server saya(silahkan ganti dengan nama DNS server yang anda inginkan). 6 adlah ip belakang yang saya gunakan(silahkan ganti dengan nama ip belakang anda)

8.      Jika sudah selesai silahkan simpan(ctrl+o) dan exit(ctrl+x). Selanjutnya yaitu edit file dengan mengetikkan perintah berikut ini : #pico /etc/resolv.conf. Sehingga akan muncul gambar seperti berikut ini :




9.      Maka akan muncul tampian seperti dibawah ini :



10.  Jika sudah selesai,silahkan save(ctrl+o) dan exit(ctrl+x). Selanjutnya adalah cek hasil configurasi dengan script : #named-checkconf-z.
Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :




Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa configurasi ip kita telah berhasil, hal ini dapat kita buktikan dengan adanya tulisan LOAD

11.  Kemudian kita akan melakukan Restart service dan cek dengan mengetikkan perintah :
# /etc/init.d/bind9 restart
             Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

            


12.  Langkah terakhir yang dalam pembuatan DNS server adalah mencari alamat DNS yang telah kita buat( nama DNS yang saya buat adalah katarina.com). Maka akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini :



 Pada gambar di atas dapat kita lihat bahwa nama DNS kita telah di temukan. Itu berarti proses pembuatan DNS telah berhasil.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar