Kamis, 30 Oktober 2014

Pengambilan data tentang kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet.



Manajemen Jaringan
Pengambilan data tentang kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet.

Pendahuluan:

Pengguna internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring berkembangnya muatan informasi dan bergesernya karakteristik masyarakat Indoensia menjadi information oriented. Kondisi ini dapat dengan mudah ditemui di masyarakat perkotaan dan bahkan di masyarakat pedesaan dengan ditandai munculnya beberapa tempat akses internet seperti warnet atau bahkan jaringan 2.5G-3G yang mudah diakses dengan modem GSM atau CDMA.
Perkembangan yang positif ini bukannya tanpa masalah, dan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu perihal lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini mahasiswa melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. Data yang digunakan berupa ukuran round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data  dan membuat grafik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang nominal RTT dengan rentang tertentu menggunakan probabilitas distribution function(pdf) dan cummulative distribution function(cdf). Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa itu PDF dan CDF.

A. PDF ( Fungsi Kepadatan Probabilitas )
Fungsi kepadatan probabilitas (probabilty density function) merupakan suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu (s) dan dituliskan dengan:

f (s) = P (S=si)

Fungsi kepadatan probabilitas mempunyai beberapa sifat, antara lain:
  1. 0 ≤ f(si) ≤ 1, hal itu karena nilai kemungkinan berada pada range 0 s/d 1, dimana :
·         0 berarti tidak akan terjadi
·         1 berarti pasti terjadi.
      2. Jumlah fungsi dari seluruh kejadian itu adalah 1 (pasti terjadi) dan dituliskan dengan:

B. CDF (Cumulative Density Function)
    Fungsi kepadatan kumulatif atau Cumulative Density Function adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu.
Sekarang kita akan memulai langkah-langkahnya, berikut  ini langkah-langkah nya:

1.      Langkah pertama yang kita lakukan adalah melakukan ping www.detik.com dengan 1000 iterasi, dan ukuran paket yang dimulai dari 64 byte, 128 byte, 512 byte, dan yang terakhir adalah 1024 byte.


Dari gambar adalah contoh perintah ping pada commond prompt 1024 byte iterasi 1100 dan ttl 225, ierasi dibuat 1100 agar menghindari terjadinya time out

2.Buka file hasil dari ping www.detik.com, yang telah disimpan dengan nama 1024.txt


3.Ambillah data kecepatan sebanyak 1000 data, hal ini karena kita menggunakan 1000 iterasi. Buat laa tabel untuk memasukkan data dengan range kecepatan minimum ke maximum. Seperti tabel dibawah ini:

 

Pada tabel diatas dapat kita lihat bahwa data yang diambil mulai dari kecepatan 25 ms- 466 ms(rentang 25 ms). Untuk mencari nilai CDF, Kita dapat memasukkan rumus: Jumlah  Rentang Terendah +Jumlah Rentang Selanjutnya. Untuk nilai PDF dapat dicari dengan menggunakan coding:  Jumlah data dibagi dengan Jumlah Iterasi.

4.Langkah terakhir adalah membuat grafik CDF dan PDF dari masing-masing data(64 byte, 128 byte, 512 byte, dan terakhir 1024 byte). Seperti gambar berikut ini:










Grafik diatas adalah grafik dari dua data 64 dan 1024(CDF dan PDF).


Dari data dan teori yang telah terlampir diatas dapat kia lihat, untuk paket data 1024 byte, RTT untuk proses ping iterasi memiliki kecepatan rata-rata 234ms,dengan sent data 1100 dan received data 1047, ini berarti terdapat 53 loss atau sekitar 4%. Loss ini kemungkinan di pengaruhi kecepatan internet yang di gunakan. Pada tabel di atas dapat kita lihat bahwa range terkecil akan memiliki data terbanyak. Banyaknya paket yang dikirim juga akan mempengaruhi bentuk dari suatu grafik.





Semoga Bermanfaat Yaaaaa



             





Tidak ada komentar:

Posting Komentar