Selasa, 21 Oktober 2014


Pengenalan pada Ubuntu

Ubuntu adalah  [sistem operasi] lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. ubuntu merupakan sistem operasi linux yang di luncurkan pada tahun 2004. sistem operasi ini merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain, yaitu debian yang selama ini sering di gunakan untuk komputer-komputer server.
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
* bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
* bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
* bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Beberapa versi ubuntu yang sudah dan akan di rilis adalah:
1.      Wary Warthdog (versi 4.10)
2.      Hoary Hedgehog (versi 5.04)
3.      Breezy Badger(versi 5.10)
4.      Drapper Drake(versi 6.06)
5.      Edgy Eft(versi 6.10)
6.      Feisty Fawn (versi 7.04) merupakan versi terbaru
7.      Gusty Gibbon (versi 7.10) dalam proses pengembangan


        kelebihan ubuntu :
1.       bebas virus ; untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os linux.
2.         3D Interface : efeck 3D kita sering jumpai di OS tetannga seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D
3.      Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play
4.      Kemudahan Migrasi
5.      free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
6.      user friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.

        kekurangan ubuntu :
1.       Koneksi Internet : untuk update dan install ubuntu memerlukan koneksi internet sedangkan di indonesia tau sendiri internet mahal
2.       terbatasnya pengetahuan tentang linux baik dari formal atau non formal : karena indonesia kurikulum pendidikan masih lebih banyak OS dari MS, biasanya kita belajar dari internet atau dari forum untuk mengetahui apa sih linux itu.

        untuk fitur apa saja yg ada di ubuntu :
1.       untuk multimedia kita bisa mainkan mp3 dengan Rythmbox Music Player, memainkan dvd film di movie player , pitivi editor untuk mengedit film
2.      untuk jejaring sosial bisa memakain im messeger seperti ym, msn, jabber, gtalk dengan pidgin dan emphaty , untuk j ejaring sosial seperti facebook. tweeter dll dengan Gwibber micro blogging.
3.      email dengan evolution, thunderbird
4.      browser dengan firefox, opera
5.      untuk efect 3d bisa menggunakan compiz dan emerald.
6.      untuk wifi sudah dilengkapi

Pada kesempatan ini saya menggunakan aplikasi ubuntu destop versi 12.04(artinya saya menggunakan ubuntu dengan update pada bulan april tahun2012.Perlu kita ketahui bahwa ubuntu ini melakukan upgrade software sebanyak 2 kali dalam setahunnya.Berikut ini adalah gambar tampilan destop ubuntu

Pada gambar di atas kita dapat melihat menu-menu yang terdapat pada tampilan destop ubuntu(menu search your computer and online sources,menu file,menu firefox web browser,menu ubuntu software center,menu amazon,menu data,menu trash,dll) sedangkan pada sudut kanan atas kita akan melihat tampilan menu waktu dan tanggal ,pengaturan volume, menu user dan tombol power.


Gambar diatas adalah tampilan search,dapat kita lihat pada search akan menampilkan beberapa aplikasi ubuntu dan aplikasi yang terakhir kita gunakan



Gambar diatas adalah tampilan dari menu home seperti yang biasa kita temukan pada yang windows. Pada menu home ini memuat beberapa menu seperti destop,documents,downloads,music,pictures,public,templates,videos,examples.
Gambar diatas adalah tampilan dari menu setting,pada menu setting ini kita dapat mengganti tampilan layar,memilih bahasa yang ingin digunakan,melakukan koneksi,dan lainnya.
Selanjutnya kita akan masuk ke menu terminal. Berikut ini adalah tampilan dari menu terminal:



Pada menu terminal ini kita dapat memasukkan perintah-perintah atau yang biasanya kita sebut dengan coding.Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan edit file,mengganti nama folder,copy file,membuat file,menghapus direktori,konfigurasi ip,melihat isi foldermerestart networking. Untuk langkah pertama kita masukkan coding sudo su,yang akan meminta password user(password komputer saya 234).

Pada gambar diatas kita akan menemukan beberapa coding seperti:
>> cd home/jartel2/Music : change directori menuju home>jartel2>Music
>> ls :melihat isi folder
>> mkdir tes2 : membuat directory dengan nama tes 2
>>echo harap tenang ada ujian > warning.txt : membuat file berisikan teks harap tenang ada ujian dengan nama file warning tipe txt.


Pada gambar diatas kita akan melihat perintah dari gedit,dimana gedit ini berfungsi untuk membuka file pada terminal.

Gambar diatas adalah proses dalam melakukan konfigurasi ip. Pada aplikasi ubuntu kita dapat memasukkan coding : >>gedit/etc/network/interface, sedangkan untuk merestrat networking kita dapat memasukkan coding: etc/init.d/networking restrat. Setelah selesai melakukan configurasi kita dapat melihat hasilnya dengan mengetik ifconfig.
Langkah terakhir dari pengenalan ubuntu ini adalah melakukan update manager ubuntu,hal ini dilakukan untuk mendownload aplikasi terbaru untuk komputer yang kita gunakan. Pada kesempatan ini kita akan  mengubah software source dari kambing iu.ac.id. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mengklik search pada bagian kiri atas destop,pada tab search ketikkan update sehingga muncul seperti gambar dibawah ini:






Langkah kedua yang kita lakukan adalah mengklik update manager sehingga muncul gambar seperti diatas.


Langkah terakhir dari update manager ubuntu adalah memilih sumber(saya memilih sumber dari kambing.ui.ac.id). Sekedar informasi kalau kita dapat memilih sumber lain dalam mengupdate manager ubuntu.

SEMOGA BERMANFAAT YAAA






Daftar Pustaka

Wahju Raharjo Emanuel, Andi.2007.Petunjuk Praktis Penggunaan Ubuntu.Yogyakarta.CV ANDI OFFSET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar