Kamis, 23 Oktober 2014



Trafik parameter RTT(Round Trip Time)

Analisa trafik dengan parameter Round Trip Time

            Pengguna internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring berkembangnya muatan informasi dan bergesernya karakteristik masyarakat Indoensia menjadi information oriented. Kondisi ini dapat dengan mudah ditemui di masyarakat perkotaan dan bahkan di masyarakat pedesaan dengan ditandai munculnya beberapa tempat akses internet seperti warnet atau bahkan jaringan 2.5G-3G yang mudah diakses dengan modem GSM atau CDMA.
Perkembangan yang positif ini bukannya tanpa masalah, dan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu perihal lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini mahasiswa melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. Data yang digunakan berupa ukuran round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data  dan membuat grafik.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengenalkan kepada anda cara melihat jalur yang di tempuh menuju ke suatu NODEL/LINK,dengan menggunakan perintah atau yang biasa kita sebut dengan coding Command Prompt.Pada kesempatan ini saya akan melihat jalur yang di tempuh menuju www.detik.com, maka perintah yang kita ketikkan pada cmd(command prompt) adalah tracert www.detik.com.Seperti yang di tunjukkan oleh gambar dibawah ini:
Gambar diatas merunjukkan rute yang akan di lewati paket data menuju www.detik.com. Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa proses tracert telah berjalan sukses.
Percobaan pertama telah selesai,sekarang kita akan menuju percobaan kedua yaitu melihat pengaruh ukuran paket data terhadap RTT.Dimana ukuran paket data yang akan kita gunakan ada sebanyak 15 buah(8,16,32,64,128,256,512,1024,1500,2000,2500,dan yang terakhir adalah 3000).Berikut ini adalah perintah yang kita ketikkan pada cmd:





Pada gambar diatas dapat kita peroleh beberapa informasi:
-n 15    : Jumlah iterasi data yang akan dikirim
-l 8        : Ukuran data yang dikirim
-i 225    : Ukuran jumlah time to live data yang dikirim
Dari data diatas terlihat ping static menuju alamat detik, data yang dikirim adalah 15 sedangkan data yang di terima adalah 13, ini berarti  dalam pengiriman data mengalami loss sebanyak 2 data yang hilang atau loss 13%, dengan kecepatan rata-rata dalam pengiriman paket data ukuran 8 byte adalah 42ms.Loss ini di akibatkan oleh jaringan internet yang kurang stabil ketika mengambil data. Data yang baik adalah data yang tidak memiliki loss atau pengiriman sempurna.
Selanjutnya kita akan mengubah ukuran data menjadi 16,32,64,128,256,512,1024,1500,2000,2500,dan yang terakhir adalah  3000. Parameter yang di ubah hanyalah ukuran data saja sedangkan parameter yang lain adalah tetap. Seperti yang di tunjukkan oleh tabel dibawah ini:




Sekarang kita akan mengkonversikan menjadi grafik rata-rata Round Trip Time berdasarkan data yang telah kita peroleh. Seperti yang di tunjukkan oleh gambar di bawah ini:



Semoga bermanfaat yaaaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar