Senin, 27 Oktober 2014

Web Server



Web Server pada OS Ubuntu 12.04

1.Landasan Teori
1.1 Pengertian Web Server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPSdari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML
Macam - macam Web Server diantanya:
1.Apache
2.Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
3.Lighttpd
4.Sun Java System Web Server
5.Xitami Web Server
6.Zeus Web Server
1.2 Pengertian kekurangan dan kelebihan Apache
Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya). Selain itu, Apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bisa mengalahkan jumlah Apache.
Sekilas sejarah Apache adalah Apache ini dibuat versi pertamanya oleh Robert Mc Cool — yang terlibat di NCSA– padatahun 1996. Ditulis dalam bahasa C, perkembangannya dilakukan bersama rekan-rekan melalui email. Dia mengerjakan proyek itu bersama Apache groupnya : Brian Behlendorf, Roy T. Fielding, Rob Hartill, David Robinson, Cliff Skolnick, Randy Terbush, Robert S. Thau, Andrew Wilson, Eric Hagberg, Frank Peters and Nicolas Pioch.Kenapa diberi nama Apache? Kata yang mendirikan karena pertama mereka ingin menghargai penduduk asli Amerika Indian Apache yang dikenal ketahanan dan skilnya saat perang, dan kedua karena akar proyek si apche ini merupakan sebuah ‘a patchy server’. Alasan kedua sebenarnya dengan hoki ditemukan. Apache dikembangkan oleh komunitas terbuka yang di bawahi oleh Apache Software Foundation. Aplikasinya dapat digunakan untuk OS yang beragam( tidak bergantung pada vendor tertentu (cross platform)), sebut saja UNIX, FreeBSD, Linux, Novell netware, MacOS X, Windows.
 A. Kelebihan Apache
1. Apache termasuk dalam kategori freeware.
2. Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain.
3. Mampu beroperasi pada berbagai paltform sistem operasi.
4. Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
5. Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
B. Kekurangan Apache
1. web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load seperti IIS, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga
nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini tentunya menguntungkan penyerang karena habisnya RAM akan lebih cepat tercapai.
2. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti
Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses
3. Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk.
Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan.
Versi yang cacat tersebut adalah seluruh generasi Apache 1.3 dan versi 2 hingga 2.0.36. Server yang diserang hacker memanfaatkan kelemahan ini akan mengalami DoS,
alias server itu tak bisa diakses. Dalam sejumlah kasus, penyerangnya dapat menjalankan pilihan kodenya.
1.3 Sejarah HTML
Hypertext Markup Language atau yang biasa disingkat HTML pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada awal tahun 1990-an yang pada saat itu masih bekerja di CERN. HTML diciptakan dengan tujuan sebagai cara sederhana namun efektif untuk mengkodekan dokumen elektronik. HTML pertama kali dipopulerkan  dengan menggunakan browser Mosaic.

A.Perkembangan HTML
·      HTML versi 1.0 adalah versi pertama sejak lahirnya nama html tersebut. Versi ini memiliki kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, bold dan italic text, wrapping serta memiliki dukungan dalam peletakkan sebuah gambar.
·      HTML versi 2.0 ( 14 Januari 1996 ). Pada versi ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment, hal ini menyebabkan adanya sebuah interaktif dan mulai dari versi ini yang menjadikan sebuah pionner dalam perkembangan homepage interaktif.
·      HTML versi 3.0 ( 18 Desember 1997 ). HTML versi 3.0 juga disebut-sebut HTML+ yang mempunyai kemampuan dalam beberapa fasilitas diantaranya adalah penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidaj bertahan lama.
·      HTML versi 3.2 ( 14 Januari 1997 ). HTML versi ini adalah penyempurnaan dari HTML versi 3.0. keluarnya versi ini dikarenakan adanya beberapa kasus yang timbul pada pengembang browser yang telah melakukan pendekatan dengan cara lain yang justru hal tersebut menjadi popular. Maka dibakukan versi 3.2 untuk mengakomodasi praktek  yang banyak digunakan oleh pengembang browser dan diterima secara umum. Dapat dikatakan versi 3.2 ini merupakan versi 3.2 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.
·      HTML versi 4.0 ( 18 Desember 1997). Versi ini sudah terdapat penambahan pada link, meta, image dan lain-lain sebagai penyempurnaan versi 3.2.
·      HTML versi 4.01 ( 24 Desember 1999 ). HTML versi 4.01 menjadi rekomendasi W3C. HTML 4.01 adalah minor update-koreksi dan perbaikan bug dari HTML 4.0.
·      XHTML versi 1.0 ( 20 Januari 2000 ). XHTML 1.0 merumuskan HTML 4.0 dalam XML.
·      HTML 5 ( 22 Januari 2008 ). HTML 5 meningkatkan interoperabilitas dan mengurangi biaya pengembangan dengan membuat aturan yang tepat tentang bagaiman untuk menangani semua elemen HTML, dan bagaimana memulihakan dari kesalahan. Beberapa fitur dalam HTML 5 adalah fungsi untuk audio embedding, video, grafik, sisi penyimpanan data klien, dan dokumen interaktif. HTML 5 juga mengandung unsur-unsur baru seperti <nav>, <header><footer>, dan <figure>. Yang termasuk kelompok kerja diantaranya AOL, Apple, Google, IBM, Microsoft, Mozilla, Nokia, Opera dan banyak lagi vendor lainnya.

B. Pengertian HTML
Didalam artikel html ini,  HTML ( Hyper Text Markup Language ) didefiniskan sebagai sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi dalam sebuah browser internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML ( Standard generalized Markup Language ), HTML adalah sebuah standard yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standard internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstrusikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla firefox atau aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks biasa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

2.Langkah-Langkah dan Hasil Pembuatan Web Server Apache

Berikut ini adalah langkah-langkah dan hasil dalam pembuatan Web Server Apache:

1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mengistal web server apache pada sistem terminal ubuntu seperti pada gambar di bawah ini:
Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa pada komputer yang saya gunakan telah terinstal oleh aplikasi apache2(apache is already the newest version).
2.Selanjutnya akan muncul tampilan berikut ini:


Dari gambar it works diatas menandakan bahwa apache kita telah berhasil, tettapi web server kita masih dalam keadaan kosong.Untuk mengedit web server kita yang masih kosong kita dapat mengedit html ini dengan memasukkan perintah /var/www/ melalui terminal.Untuk mengedit html kita dapat mmasukkan coding”gedit index.html seperti gambar di bawah ini:
                      
3. Selanjutnya kita akan membuat html baru.Untuk membuat html baru kita dapat memasukkan coding “echo katarian.html”, untuk membuat html kosong dengan nama katarina.Seperti gambar di bawah ini:
                          
Html ini dapat dibuka dengan mengetikkan localhost/katarina.html pada alamat web seperti gambar di bawah ini:
                                            









Tidak ada komentar:

Posting Komentar